KORP WEB GIF 2021

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA TANGGAMUS KELAS I B_ANDA MEMASUKI ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (WBBM)

on . Dilihat: 32

WhatsApp Image 2021 04 20 at 12.26.16

Kotaagung (20/04/2021)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan. Sebab, di bulan suci ini Allah SWT membuka pintu maaf serta taubat sebesar-besarnya bagi Umat-Nya. Bahkan dikatakan, bahwa doa yang dipanjatkan di bulan penuh berkah ini akan lebih mudah diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu, Allah SWT juga menjanjikan pahala berlipat ganda bagi siapa saja yang mau memperbanyak amalan baik selama bulan Ramadhan.

WhatsApp Image 2021 04 20 at 12.26.15

 

Amalan baik dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari sholat sunnah, membaca Al Quran, berdzikir, memperbanyak istigfar hingga bersedekah atau berbagi dengan sesama. Maka dari itu, inilah kesempatan yang dimiliki umat muslim untuk banyak memanjatkan doa. Adapun Waktu-waktu mustajab itu antara lain:

Pertama, Ketika sahur atau sepertiga malam terakhir.

Allah Ta’ala mencintai hamba-Nya yang berdoa disepertiga malam yang terakhir. Allah Ta’ala berfirman tentang ciri-ciri orang yang bertaqwa, salah satunya:

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُون

Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (QS. Adz Dzariyat: 18)

Sepertiga malam yang paling akhir adalah waktu yang penuh berkah, sebab pada saat itu Rabb kita Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu.

Kedua, Ketika berbuka puasa, Waktu berbuka puasa pun merupakan waktu yang penuh keberkahan, karena diwaktu ini manusia merasakan salah satu kebahagiaan ibadah puasa, yaitu diperbolehkannya makan dan minum setelah seharian menahannya, sebagaimana hadits:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره و فرحة عند لقاء ربه

Orang yang berpuasa memiliki 2 kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak” (HR. Muslim, no.1151).

Ketiga, Ketika malam lailatul qadar, Malam lailatul qadar adalah malam diturunkannya Al Qur’an. Malam ini lebih utama dari 1000 bulan. Sebagaimana firman Allah Ta’ala:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Malam Lailatul Qadr lebih baik dari 1000 bulan” (QS. Al Qadr: 3)

Pada malam ini dianjurkan memperbanyak ibadah termasuk memperbanyak doa.

Demikian yang disampaikan Achmad Iftauddin, S.Ag. Hakim Pengadilan Agama Tanggamus dalam acara kultum di Mushallah AlMahkamah Pengadilan Agama Tanggamus ba’da shalat zuhur, yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, serta pejabat Struktural dan Fungsional serta Pegawai Pengadilan Agama Tanggamus.

(TIM IT PA Tanggamus).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Terimakasih Telah Berkunjung di Website Resmi Pengadilan Agama Tanggamus Kelas 1B