KORP WEB GIF 2021

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA TANGGAMUS KELAS I B_ANDA MEMASUKI ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (WBBM)

on . Dilihat: 63

“Hakikat Puasa”

WhatsApp Image 2021 05 07 at 09.03.15 1

Menarik apa yang disampaikan oleh Chairun Nafar,SH, Panitera Muda Permohonan Pengadilan Agama Tanggamus dalam kegiatan Kultum yang dilaksanakan di Masjid Al Mahkamah Pengadilan Agama Tanggamus yang diikuti oleh Pimpinan, Hakim, Panitera dan Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh pegawai Pengadilan Agama Tanggamus pada kamis, 6 Mei 2021.

Chairun Nafar mengangkat tema tentang Hakikat Puasa. Bahwa  hakikat puasa tercantum dalam Qs. Ali Imran ayat 133-134 yang artinya “Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa” (Qs.Ali Imran:133).

WhatsApp Image 2021 05 06 at 14.53.43

Dalam ayat ini bahwa hakikat puasa yang pertama adalah untuk mencapai Taqwa kepada Allah SWT. Dengan berpuasa maka kita akan berupaya untuk meningkatkan ketaqwaan dengan berlomba-lomba menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya hingga kita mencapai Syurga-Nya di yaumil akhir nanti.

Hal tersebut lanjutnya, dipertegas dalam ayat berikutnya “(yaitu) orang-orang yang berinfaq, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema‟afkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan” (Ali Imran :134).

Hakikat puasa kedua seperti dalam ayat tersebut adalah berinfak, tidak hanya dalam bulan Ramdhan saja namun diluar bulan ramadhan dianjurkan untuk berinfaq baik dalam kondisi lapang maupun sempit.

Orang yang bisa menahan amarah juga merupakan Hakikat puasa yang ketiga karena kita harus senantiasa mengikuti ajaran baginda Rosulullah SAW yang selalu merendahkan suaranya ketika berbicara. Dan hakikat puasa yang terakhir adalah jadilah orang yang Pemaaf karena sangat dicintai Allah bagi hamban Nya yang memiliki sifat pemaaf kepada orang lain. Demikian Kultum yang disampaikan Chairun Nafar yang diakhiri dengan Tadarus Bersama. (Tim Redaksi PA. Tanggamus).

Orang yang bisa menahan amarah juga merupakan Hakikat puasa yang ketiga karena kita harus senantiasa mengikuti ajaran baginda Rosulullah SAW yang selalu merendahkan suaranya ketika berbicara. Dan hakikat puasa yang terakhir adalah jadilah orang yang Pemaaf karena sangat dicintai Allah bagi hamban Nya yang memiliki sifat pemaaf kepada orang lain. Demikian Kultum yang disampaikan Chairun Nafar yang diakhiri dengan Tadarus Bersama. (Tim Redaksi PA. Tanggamus)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Terimakasih Telah Berkunjung di Website Resmi Pengadilan Agama Tanggamus Kelas 1B