KORP WEB 2021 opsi 3

on . Dilihat: 43

Waka PA Tanggamus Ikuti Pembinaan Assesor APM

WhatsApp Image 2021 09 14 at 08.08.24

https://www.pa-tanggamus.go.id |13/09/2021

Bertempat di ruang Media Center, Senin (13/09/2021) Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanggamus Kelas IB Al Fitri, S.Ag., S.H., M.H.I. mengikuti pembinaan  secara Daring, dalam rangka persiapan asessmen dan keberlanjutan pelaksanaan hasil evaluasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM)  Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

WhatsApp Image 2021 09 13 at 15.23.26

Bertindak sebagai pemateri dalam pembinaan secara Daring tersebut, DR. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. (Dirjen Badilag MA), Drs. Arif Hidayat, S.H., M.H. (Sesditjen Badilag), DR. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag (Direktur Binganis Badilag), dan DR. Dra. Hj. Nur Djannah Syarief, S.H., M.H. (Direktur Pembinaan Admin Badilag) sekaligus sebagai Ketua APM Badilag MA.

Dalam paparannya Aco Nur, menyoroti beberapa Satker yang ia kunjungi masih terdapat ketidak sesuaian antara nilai A Excellent APM yang diperoleh dengan keadaan riil di lapangan. Satker yang memperoleh predikat A Excellent ternyata keadaan kantor masih kotor, dan arsip yang tidak tertata rapi.

“Kedepan akan dilaksanakan penilaian APM dengan metode sistem penilaian silang antar PTA se Indonesia, sehingga akan diperoleh nilai yang obyektif”, sambungnya.

“Ada tiga penilaian yang berlaku saat ini di Badilag yang saling berkaitan erat, yaitu APM (Akreditasi Penyaminan Mutu), ZI menuju WBK dan WBBM (Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) dan RB (Reformasi Birokrasi)”, pungkasnya.

Sementara Arif Hidayat, lebih menyoroti bahwa kedudukan dan eksistensi Assseor APM Badilag yang bersifat independen, sehingga tidak satupun yang boleh mengintervensi ketika LKE (Lembar Kegiatan Evaluasi) yang diisi oleh Assessor saat melaksanakan assessment untuk surveilence dan telusur dokumen.

Sedangkan Boy Chandra Seroza, menyampaikan nilai A Excellent APM harus tetap dipertahankan. Kelanjutan APM tidak terganggu dengan adanya promosi dan mutasi pimpinan, sehingga APM dan TPM akan senantiasa jalan bersama tanpa harus terhenti.

Mengakhiri pembinaan secara daring, Nur Djannah Syarief, selaku Ketua APM Badilag, menyampaikan agar semua aparatur Peradilan Agama berkomitmen untuk melanjutkan APM secara berkesinambungan. Dan saat ini telah disusun jadwal assessment suveilance, telusur dokumen atau observasi secara acak dan pengumuman hasil penilaian dari Assessor APM Badilag.

Sebagaimana yang diketahui Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanggamus Kelas IB, lulus sebagai Assessor APM Badilag berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 1951/DJA/OT.Ol.3/SK/6/2021, tentang Penetapan Asesor Akreditasi Penjaminan Mutu  Badan Peradilan Agama  Hasil  Rekruitmen Tahun 2021.

APM merupakan suatu penilaian menyeluruh yang dilakukan oleh Assesor Ditjen Badilag untuk menentukan peringkat pengakuan terhadap kualitas penyelenggaraan seluruh aktivitas pelayanan publik dan aktivitas Satker pada Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama di seluruh Indonesia. (af/eh).

Add comment


Security code
Refresh

Galery Video

Hubungi Kami

Terimakasih Telah Berkunjung di Website Resmi Pengadilan Agama Tanggamus Kelas 1B